Kamis, 03 Desember 2015

PEMENTASAN TEATER - POHON UANG



 
Pada kesempatan ini akan kami sampaikan sebuah informasi tentang pementasan teater yang didukung oleh Komunitas Pejalan Bergerak dan #KawanSinabung dengan tujuan ikut terlibat dalam upaya pemulihan penghidupan masyarakat yang terdampak oleh letusan Gunung Sinabung sekitar Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.
Warga Jogja dan sekitarnya pernah melewati gempa bumi dan erupsi Gunung Merapi sebagai dua peristiwa bencana yang mengajarkan bahwa kejadian bencana tidak tuntas begitu saja ketika bencana tersebut usai. Pemulihan pasca bencana merupakan tugas yang tidak mudah terutama untuk membangun penghidupan masyarakat agar dapat kembali mandiri seperti sediakala.

Erupsi Gunung Sinabung telah melumpuhkan penghidupan ekonomi ribuan jiwa. Sama seperti warga yang terdampak dengan gempa di Jogja dan letusan Gunung Merapi, mereka saat ini meninggali barak-barak pengungsian dan tidak miliki penghidupan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Kita yang di Jogja pernah bernasib sama dan kita tahu persis, bantuan dari sesamalah yang akan mampu pulihkan mereka agar mampu berdiri dan mandiri. Masalah pendapatan dan mata pencaharian para penyintas atau warga yang terdampak letusan Gunung Sinabung juga merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Sejak mereka mengungsi mereka kehilangan mata pencaharian, kurangnya lapangan/kesempatan kerja yang tentunya menyebabkan penurunan pendapatan mereka.

Terkait dengan permasalahan di atas, proses kegiatan pementasan teater ini sejak awal dipersiapkan dan ditujukan untuk penggalangan solidaritas dan penggalangan dana kemanusiaan bagi korban terdampak letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara khususnya akan dimanfaatkan untuk program revitalisasi mata pencaharian dan keberlangsungan penghidupan ekonomi para warga terdampak/korban di lokasi pengungsian.

Puncak rangkaian kegiatan ‪#KawanSinabung adalah sebuah pementasan teater bertemakan alam & lingkungan karya Fidelis Andika Putra dengan judul “Pohon Uang” yang dimainkan oleh kawan-kawan pejalan (pendaki/backpacker/pegiat lingkungan dsb) dari berbagai komunitas/individu.

Pementasan akan dilaksanakan pada Kamis, 10 Desember 2015. 18.30 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Akan ada penggalangan donasi pada kegiatan pementasan tersebut yang hasilnya akan disumbangkan untuk program sosial kemanusiaan bagi warga terdampak letusan Gunung Sinabung. Pada pementasan tersebut juga akan tampil Iksan Skuter, Saut Situmorang serta ada lelang lukisan dari Anzi Matta.

Terkait dengan hal tersebut kami mohon bantuan sebagaimana mestinya untuk menyampaikan dan mengabarkan informasi ini kepada sesiapa lainnya untuk tetap terjalin merawat dan memanifestasikan cinta sebagai Indonesia dengan (seminimal-minimalnya) merawat kepedulian bahwa #‎SinabungjugaIndonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan pementasan tersebut bisa menghubungi Sdr. Harum: 0815 5322 0711, Agung: 0812 1568 666 Twitter: @pejalanbergerak e-mail: pejalanbergerak@gmail.com
Demikian informasi yang kami sampaikan. Terima kasih atas dukungannya.